Kisah, Cinta Berlebihan Terhadap Makhluk

oleh -503 views

SYAICHONA.NET- Dahulu kala ada seseorang yang sangat taat beribadah kepada Allah.SWT. ia bernama Samnun, hidupnya sederhana sama seperti orang biasanya, hari demi hari dia lewati bulan demi bulan ia jalani, hingga dia menikah di usianya yang cukup tua dengan seorang perempuan yang di cintainya selang berapa lama ia pun di karuniai seorang anak perempuan.

Dia sangat menyayangi anak perempuannya dan sangat mencintai istrinya sehingga ia pun hidup dengan penuh kebahagiaan mengarungi bahtera kehidupan kemudian suatu malam ia bermimpi seakan-akan kiamat sudah tiba dan berjejerlah bendera-bendera para Nabi dan Wali, dan di belakang mereka ada bendera yang sangat tinggi dan bersinar hingga dapat menerangi ufuk, kemudian Samnun bertanya “bendera apakah itu”?

Kemudian di jawab “itu adalah benderanya orang-orang yang ikhlas mencintai Allah.SWT.”

Kemudian Samnun melihat dirinya ada di antara mereka, namun ada seorang Malaikat yang hendak mengeluarkannya kemudian Samnun bertanya “saya pecinta Allah SWT. dan ini adalah benderanya para pecinta Allah SWT. lalu kenapa engkau mengeluarkanku….?

Kemudian Malaikat menjawab “iya benar kamu termasuk pecinta AllahSWT namun ketika kamu berlebihan mencintai anakmu maka namamu terhalang untuk berada di sini….”

Maka menangislah samnun dan meminta kepada Allah SWT. “ya Tuhanku, apabila anakku itu menjadi penghalang antara aku denganmu maka singkirkanlah dia dariku sehingga aku bisa mendekat kepadamu dengan belas kasihmu dan dengan kemuliaanmu…!”

Kemudian ada suara orang berteriak panik sambil membangunkannya, lalu Samnun bangun dan bertanya apa yang terjadi. mereka menjawab “putrimu jatuh dari tempat tinggi kemudian mati….!

Namun samnun tidak sedih sama sekali seraya berkata “segala puji bagi Allah SWT yang telah menghilangkan pemisah antara aku dengannya….

Semoga bisa bermanfaat dan bisa mengaplikasikan hikmah dari hikayah tersebut huallahu a’lam.

Disadur dari kitab Dzurrotun Nasihin

Penulis : Fakhrullah

banner 700x350