Ijazah Kitab Al-Bina Syaichona Cholil Bangkalan oleh Cucunya (Lora Ismail Al-Ascholy)

oleh -710 views

SYAICHONA.NET- Pengajian sekaligus ijazah Kitabul Bina Dimna Tadribin wa Mumarosah fii Ilmi Shorrof catatan kaki Syaichona Moh. Cholil Bangkalan dari kitab Al-Bina oleh cucunya (Syaichona Moh. Cholil) Lora Ismail Al-Ascholy yang diikuti oleh para santri Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan di Musolla Pesantren rabu malam kamis (18/11).

Acara pengajian sekaligus ijazah tersebut juga di hadiri oleh KH. Utsman Hasan dan Lora Muhammad Thoifur Ali Wafa yang merupakan putra dari KH. Thoifur Ali Wafa.

KH. Utsman Hasan dalam pengajian tersebut ikut menyampaikan bahwa barang siapa yang bisa membawa pesan Syaichona Moh. Cholil saat mendirikan pondok maka pasti pondok itu akan barokah.

”siapa saja yang bisa membawa pesan Syaichona Moh. Cholil pondoknya pasti barokah”, tuturnya

Lora Ismail Al-Ascholy mengatakan adanya kitab Al-Bina merupakan shorrof yang kelas bawah dan kitab ini memang sudah ratusan tahun adanya serta ulama banyak khilaf tentang siapa pengarang asli dari kitab al-bina ini dan sebelum adanya kitab amtsilatut tashrifiyyah kitab ini dulu sangat masyhur di Indonesia yang banyak menggunakannya agar menjadi seorang ulama karena untuk menjadi seorang ulama harus mempelajari kitab ini terlebih dahulu.

“kitab ini dulu sangat masyhur di Isndonesia sebelum adanya kitab amtsilatut tashrifiyyah yang dipelajari oleh orang banyak sebelum menjadi ulama besar”, jelas Lora Ismail Al-Ascholy

Kemudian pengajian tersebut ditutup dengan pemberian ijazah sanad kitab Al-Bina’ dari KH. Utsman Hasan yang di ijazahkan langsung oleh Lora Ismail Al-Ascholy.

Reporter : Bahruddin Alam

Editor : Fakhrul

banner 700x350