Ponpes Syaichona Cholil Budayakan Tradisi Cocoghen Bersama Alumni

oleh -561 views

SYAICHONA.NET-Ahad (18/10). Pengasuh Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan RKH.Fakhrillah Aschal Menyelenggarakan cocoghen (Madura red) yaitu tanggal 1 bulan Rabiul Awal yang dikemas dengan pembacaan sholawat Al-Habsyi oleh Jamiyah Ahbabul Mustofa Bangkalan yang bertempat di Musolla Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil.

Acara cocoghen tersebut bertepatan dengan Pengajian Asschol sehingga para alumni dan simpatisan yang hadir dianjurkan untuk membawa buah-buahan agar ikut serta memeriahkan acara cocoghen tersebut.

Dalam acara tersebut .RKH. Fakhrillah Aschal menyampaikan bahwasanya acara tersebut tidak lepas dari apa yang telah dilakukan oleh Alm. KHS.Abdullah Schal.

‘’Dauh beliau Alm. KHS.Abdullah Schal dinamakan cocoghen karena setiap tanggal 1 masuk pada bulan yang mulya dilahirkannya baginda Nabi Muhammad SAW. pada tanggal 12 Rabiul Awal  dan wafat pada tanggal yang sama yaitu 12 Rabiul Awal juga, oleh karena itu dinamakan cocoghen karena cocok tanggal kelahiran dan tanggal wafatnya Baginda Nabi Muhammad Saw,”jelas RKH. Fakhrillah Aschal.

Selain alumni dan simpatisan yang hadir para santri pun juga ikut memeriahkan acara tersebut dalam pembacaan sholawat Al-Habsyi bersama Ahbabul Mustofa Bangkalan.

Dan di penghujung acara beliau RKH. Fakhrillah Aschal memberikan ijazah sholawat dari Habib Ali bin Muhammad bin Husein Al-Habsyi bahwasanya barang siapa yang istiqomah dan ahli dalam mengamalkannya maka insyaallah akan dikumpulkan bersama Nabi Muhammad Saw. kemudian acara itu ditutup dengan pembacaan Doa oleh RKH. Fakhrillah Aschal.

Reporter : Bahruddin Alam

Editor : Fakhrul

banner 700x350