Ra. Nasih : Resmikan Pramuka Syaichona Dalam Membentuk Jiwa Santri yang Berkarakter

oleh -292 views

SYAICHONA.NET- Ketua Umum Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan RKH. Moh. Nasih Aschal. telah resmi mendeklarasikan pramuka Syaichona yang berada dibawah naungan pesantren bertemakan kiprah pramuka Syaichona dalam pembinaan jiwa santri yang berkarakter pada hari sabtu (12/09) di halaman Madrasah Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan.

Tujuan diadakan pramuka syaichona tersebut agar para santri bisa ikut andil dalam memperjuangkan visi dan misi pondok pesantren Syaichona Moh. Cholil serta bisa membangun karakter jiwa patriotisme terhadap negara serta agar menambahkan kecintaan terhadap bangsa kesatuan Repuplik Indonesia.

Peresmian deklarasi pramuka syaichona tersebut ditandai dengan pemotongan pita oleh Ketua Umum Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan RKH. Moh. Nasih Aschal. serta pemberian cindera mata oleh H.M. Mustaqim, M.Pd. kepada RKH. Moh. Nasih Aschal.

“Pramuka santri ini tidak hanya sekedar mengharumkan nama besar pesantrennya, tetapi pramuka santri kelak yang ikut mewarnai didalam pembangunan masyarakat, pramuka santri adalah santri melalui proses pengkaderan, melalui proses keilmuan, melalui proses pelatihan dan sebagainya adalah orang-orang yang siap untuk menjadi tangguh dalam upaya membangun masyarakat ikut serta mengembangkan ditengah-tengah  masyarakat dan berharap kepada kalianlah pesantren ini akan menjadi harum dengan sebuah karya-karya yang besar,”tutur RKH. Moh. Nasih Aschal.

Ia juga menambahkan bahwa untuk bisa mengibarkan bendera syaichona ini, maka harus bisa mengibarkan sayap-sayapnya bersama-sama artinya tidak hanya terbebani pada satu atau dua orang  saja, tetapi menjadi milik bersama agar bisa mengharumkan nama pesantren baik itu dikalangan lokal, regional ataupun nasional.

“Pramuka ini bisa mengharumkan nama pesantren kita baik itu lokal, regional maupun nasional itu tidak bisa terwujud kalau hanya dipikir serta dilakukan oleh segelintir orang saja, kita semua mempunyai tanggung jawab untuk bagaimana mengibarkan bendera syaichona tetap berkibar dilangit, mengibarkan panji-panji syaichona tetap berkibar diangkasa, sehingga pramuka syaichona bisa dikenang selamanya,”ungkapnya.

Sedangkan visi dari pramuka santri syaichona tersebut adalah untuk membentuk santri yang berkarakter tangguh, berjiwa nasionalis, serta agamis.

dan misinya yaitu Totalitas, Disiplin, dan ikhlas, Mengabdi tanpa pamrih, Mengembangkan pengetahuan cinta tanah air, Membentuk pramuka santri yang trampil untuk meningkatkan kredibilitas pesantren.

“Semoga teman-teman yang dideklarasikan ini sesuai dengan dauh (perkataan) beliau tidak hanya sampai saat ini tapi terus berkiprah baik itu lokal maupun nasional sehingga bendera pesantren ini berkibar dimana-mana,”harapan Khoirul Warisi salah satu senior pramuka syaichona.

Reporter : Fakhrul

Editor Ach. Soim