Enam Perempuan yang Tidak layak Dinikahi

oleh -358 views

SYAICHONA.NET- Kita tahu bahwa manusia adalah mahluk sosial yang butuh seorang teman, mulai dari hal kecil sampai hal yang besar kita pasti butuh terhadap teman, sampai-sampai menjalani kehidupan kita mesti butuh teman, agar tidak merasa sendirian, agama mensyariatkan pernikahan agar bisa melestarikan umat, serta memperbanyak keturunan, syariat juga telah menganjurkan untuk memilih pasangan yang bisa menjalin sebuah ketentraman.

Diantara anjuran yang dipaparkan agama islam pada para kaum muslim diantaranya, agar tidak memilih pasangan yang memiliki sifat atau karakter seperti berikut.

  1. Al-Annanah yaitu perempuan yang sering merintih, sering mengadu, serta sering mengikat kepalanya setiap waktu, dalam artian perempuan yang sakit sakitan ataupun yang berpura pura sakit, karena tidak ada kebaikan dalam menikahi perempuan yang sedemikian, adanya hanya mendatangkan kemurkaan akibat terbatasnya kesabaran.
  2. Al-Mannanah yaitu Perempuan yang suka mengungkit-ungkit semua apa yang telah dia kerjakan, semisal ; perempuan yang suka berkata “Aku melakukan semua ini karena mu”, yang demikian juga bahaya, karena bisa menguras pahala yang telah didapat, dan bisa membuat perjalanan hidup sang suami menjadi berat.
  3. Al-Hannanah yaitu perempuan yang suka menceritakan atau membanding-bandingkan orang di masa lalu, jika dia janda dia membangga-banggakan suaminya yang pertama pada suami kedua, dan jika perawan, dia menceritakan serta membangga-banggakan ayah, teman bahkan pacarnya di hadapan suaminya. Parah
  4. Al-Haddaqah yaitu perempuan yang keinginan berbelanjanya besar, dengan artian setiap suatu produk yang baru dia lihat langsung minta dibelikan pada sang suami, dan perempuan macam inilah yang biasanya membuat kantong sang suami kempos. bahasa gampangnya “BOROS”.
  5. Al-Barraqah, ini memiliki dua redaksi, pertama yaitu perempuan yang menghabiskan hari-harinya di depan cermin meriasi wajahnya, meski tampil cantik di depan suami di anjurkan, tapi yang perempuan tipe ini juga tidak baik karena telah menyianyiakan waktunya untuk suatu yang kurang bermanfaat, dan tipe ini juga bisa menguras dompet sang suami, akibat Make up nya cepat habis. sedangkan redaksi yang kedua yaitu Perempuan yang suka mengurung diri sampai-sampai tidak mau makan, ya kalau seperti itu mah sama saja si suami hidup sendiri.
  1. Asy-Syaddaqah yaitu perempuan yang suka nyinyir atau banyak omong, Perempuan tipe ini layaknya komentator, karena setiap perkataan ataupun pekerjaan sang suami dia komentari dengan komentar yang tidak mengandung manfaat.

Dari pemaparan diatas, di anjurkan bagi kaum muslimin agar mencari teman atau pasangan yang ilmu keagamaannya mantap, sehingga pasangan yang di dapat selalu taat dan beradab, dan bisa bersama sama di akhirat.

Referensi : Ihya’ Ulumuddin

Penulis : Fachrun. AS

Editor : Soim Karim

Publisher : Fakhrul