Lulusan PDF Ulya Bisa Langsung Kuliyah

oleh -863 views

Madrasah Diniyah Salafiyah al-Ma’arif merupakan salah satu lembaga pendidikan di bawah naungan Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan yang fokus mencetak generasi qur’ani dan santri-santri yang tafaqquh fiddin.

Klo sebelumnya Madin al-Ma’arif hanya fokus pada mata pelajaran agama saja, mulai tahun 2016 sudah membuka Pendidikan Diniyah Formal (PDF) tingkat wustha sebuah lembaga pendidikan yang mengintegrasikan pelajaran umum kedalam pendidikan agama atau lebih tepatnya pendidikan formal rasa pendidikan agama karena sebagian besar mapelnya menggunakan kitab kuning dengan tambahan beberapa pendidikan umum seperti Bahasa Indonesia, Matematika, IPA dan PKN.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan wali santri dalam hal Ijazah sekolah yang diakui oleh pemerintah, maka pada tahun 2017 Madin al-Ma’arif membuka PDF tingkat Ulya agar santri-santri lulusan Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil tidak hanya mumpuni dalam bidang agama saja tapi juga memiliki life skill kemampuan untuk memenuhi kebutuhan hidup ketika sudah terjun ditengah-tengah masyarakat.

Seperti diketahui bahwa Pendidikan Diniyah Formal sendiri disahkan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia melalui Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia nomor 13 tahun 2014 Pendidikan Diniyah Formal adalah lembaga pendidikan keagamaan Islam yang diselenggarakan oleh dan berada di dalam pesantren secara terstruktur dan berjenjang pada jalur pendidikan formal.

Ustadz Moh. Tuba, S.Pd.I Kepala Madin al-Ma’arif menyampaikan bahwa lulusan PDF Wustha bisa langsung melanjutkan pada PDF Ulya sementara Lulusan PDF Ulya bisa langsung kuliyah “Tahun ini sebanyak 66 Santri telah lulus PDF Wustha dari 75 santri dan sebanyak 52  Santri telah lulus PDF Ulya dari 52 santri dimana santri-santri lulusan PDF Ulya ini bisa langsung kuliyah” ujarnya.

Menurutnya Ijazah PDF ini pasti diterima oleh lembaga formal namapun karena PDF ini telah dakui oleh pemerintah pusat melalui Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia dan setara dengan SMP atau SMA “Jadi Ijazah dari PDF ini lebih kuat daripada Ijazah paket C atau pendidikan kesetaraan karena penyelenggaraan KBM dalam PDF ini sudah sesuai juknis dari standart pendidikan nasional” imbuhnya.

Masih menurut Ust. Thuba bahwa husus bagi santri-santri lulusan PDF ulya yang ingin mendaftar kuliyah di STAI Syaichona Moh. Cholil bisa langsung mendaftar karena antara PDF Ulya dengan STAI Syaichona Moh. Cholil sudah ada kerjasama dan pihak PDF juga telah menyerahkan daftar nama-nama santri yang telah lulus PDF Ulya kepada pihak STAIS, sementara bagi santri yang ingin kuliyah di luar STAI Syaichona Moh. Cholil karena sudah keluar atau berhenti dari pesantren, saat ini pengurus PDF sudah menyiapkan surat keterangan lulus dan bisa diambil ke kantor sekretariat Madin al-Ma’arif sebagai surat keterangan sementara sampai Ijazah PDF keluar.

Untuk info lebih lanjut mengenai kelulusan siswa PDF Wustha dan Ulya para santri maupun wali santri dipersilahkan mwnghubungi Ust. Thuba dinomor kontak +62 823-3371-1545 Atau Staf TU PDF Ust. Samsul Arifin dinomor kontak +62 878-5003-0539