Bulan Ramadhan Bulan al-Qur’an

oleh -403 views

Oleh: Zainal Arifin

Disadur dari___ ___Ittihaf al-Anam bi Ahkam al-Shiyam Karya Dr. Zain bin Muhammad bin Husain al-Idrus al-Baalawi, hal. 281-282, Maktabah al-Majallad al-Araby⚠️

Bulan Ramadhan merupakan bulan al-Qur’an sebab Allah SWT menurunkan al-Qur’an pada bulan Ramadhan tepatnya pada Lailatul Qadar.

__Allah SWT berfirman:
إِنَّآ أَنزَلۡنَٰهُ فِي لَيۡلَةٖ مُّبَٰرَكَةٍۚ إِنَّا كُنَّا مُنذِرِينَ
“sesungguhnya Kami menurunkannya pada malam yang diberkahi. Sungguh, Kamilah yang memberi peringatan”[Surat Ad-Dukhan, Ayat 3]
___ ___
إِنَّآ أَنزَلۡنَٰهُ فِي لَيۡلَةِ ٱلۡقَدۡرِ
“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam qadar”. [Surat Al-Qadar, Ayat 1]
___ ___
Allah SWT menyebutkan bahwa al-Qur’an diturunkan pada bulan Ramadhan dalam Surat al-Baqarah ayat 185:
شَهۡرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِيٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلۡقُرۡءَانُ هُدٗى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٖ مِّنَ ٱلۡهُدَىٰ وَٱلۡفُرۡقَانِۚ
“Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)” [Surat Al-Baqarah, Ayat 185]

🔶Telah diriwayatkan bahwa malaikat Jibril AS. Mengajarkan al-Qur’an pada Rasulullah SAW. Pada bulan Ramadhan.

عن ابن عباس رضي الله عنه قال : (( كان رسول الله صلى الله عليه وسلم أجود الناس، وكان أجود ما يكون في رمضان حين يلقاه جبريل، وكان يلقاه في كل ليلة من رمضان فيدراسه القرآن))
“dari Ibnu Abbas RA. Beliau berkata: ((Rasulullah SAW. merupakan sebaik baiknya manusia dan sebaik baiknya apa yang ada di bulan Ramadhan ketika malaikat Jibril menemui Rosulullah SAW. Malaikat Jibril menemui Rasulullah SAW. Setiap malam di bulan Ramadhan dan mengajarkannya al-Qur’an))”

✔️Ulama-ulama salaf selalu memperbanyak membaca al-Qur’an sepanjang bulan Ramadhan baik siang maupun malam hari, bahkan diantara mereka ada yang mampu menghatamkan al-Qur’an sampai 3x dalam sehari. Inilah bukti bahwa Allah SWT. Menjadikan waktu mereka sebagai waktu yang diberkati, karena keikhlasan dan keimanan mereka kepada Allah SWT.

✔️Adapula yang menghatamkan al-Qur’an dalam shalat Tarawih, hal ini kemudian menjadi adat istiadat penduduk al-Hadramiyah.

Demikian, semoga bermanfaat.🙏🙏