Keutamaan dan Keistimewaan di Bulan Ramadhan yang Harus Kita Ketahui

oleh -464 views

Syaichona.net – Ramadhan adalah sebuah bulan yang dimuliakan dalam agama islam, bulan dimana terbelenggunya para syaitan, pada bulan ini semua amal perbuatan dilipat gandakan, sebagai kelonggaran dan keistimewaan yang diberikan pada umat nabi akhiruzzaman, bulan dimana Al Quran diturunkan, Wahyu terbesar dan yang takkan bisa tergantikan, bulan dibukanya pintu-pintu syurga, seperti hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Rasulullah bersabda :  إذا جاء رمضان فتحت ابواب الجنة.  Artinya : Ketika bulan ramadhan datang maka semua pintu surga dibuka.

3 Keutamaan Bulan ramadhan yang tidak dimiliki bulan lain antara

  1. Allah menjanjikan ampunan tiada batas bagi orang yang bertaubat di bulan ramadlan. من صام رمضان ايمانا واحتسابا غفر .

Artinya: barang siapa yang berpuasa di bulan ramadhan dalam keadaan iman dan dia mau mengkoreksi diri, maka dosa-dosanya akan diampuni.

من قام رمضان ايمانا واحتسابا غفرله ما تقدم من دنبه

Barangsiapa yang menghidupkan malam bulan ramadan dengan iman disertai introfwksi diri maka dosa yang telah berlalu dan yang akan datang diampuni oleh Allah.

Kesimpulan dari dua hadist diatas, dosa akan diampuni jika dalam pelaksanaan ibadah bulan ramadhan seseorang itu mau mengingat dosa dosa yang telah dia kerjakan sehingga tidak akan mengulanginya lagi.

  1. Hadirnya malam Lailatul Qodar, Malam Yang bila digunakan untuk beribadah maka seperti halnya ibadah selama seribu bulan, bahkan saking mulyanya malam Lailatul qodar ini sampai ada surat yang menjelaskannya, dan pada malam ini juga merupakan malam hari raya yang dimiliki malaikat.
  2. Diperintahkannya puasa, jika pada bulan bulan selain ramadhan puasa hanya disunnahkan maka pada bulan ramadhan puasa diwajibkan, dengan turunnya ayat QS. Al-Baqarah

ياايها الذين امنوا كتب عليكم الصيام كما كتب على الذين من قبلكم لعلكم تتقون

  • Pekerjaan yang di sunnahkan pada saat Ramadhan

Banyak kesunnahan yang dianjurkan di bulan ramadhan diantaranya.

  1. I’tikaf yaitu dengan cara berdiam di masjid dengan melakukan suatu kebaikan, seperti dzikir, membaca Al-Quran dan yang lain, I’tikaf yang lebih utama iyalah i’tikaf di sepuluh akhir bulan ramadhan, karena sembari menunggu malam lauilatulkodar.
  2. Memperbanyak membaca Al-Quran, diceritakan dari Ibnu Mas’ud nabi bersabda : من قرأ حرفا من كتاب الله تعالى فله به حسنة، والحسنة بعشر امثالها، لا أقول الم حرف ولكن أقول الف حرف و لام حرف وميم حرف رواه ترمذى. Artinya : barangsiapa yang membaca Alquran maka dia peroleh sepuluh kebaikan di setiap hurufnya, saya tidak mengatakan lafadz aliflaammim itu satu huruf, melainkan Alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf. HR Tirmidzi.

Bukan hanya itu, masih ada banyak suatu yang sangat di anjurkan di bulan Ramadan, seperti Shodaqoh dan yaanglain.

Dari semua keterangan diatas bisa disimpulkan bahwa Ramadhan adalah tempat memperbanyak amal baik.

Semoga bermanfaat.

 

Penulis : Fachrun As

Refrensi : Kitab Durratunnasihin