Libur Ramadhan Dimajukan, Inilah Pesan Ketua Umum Kepada Santri Ponpes Syaichona Cholil

oleh -1.138 views

SYAICHONA.NET- Menjelang libur Ramadhan Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Demangan Barat Bangkalan melaksanakan pembacaan Burdah bersama majelis keluarga sekaligus taujihad atau pesan Ketua Umum kepada santri sebelum pulang ke rumah, yang dilaksanakan  di musholla Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan pada hari Ahad malam Senin (05/04).

Dalam acara tersebut Ketua Umum Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Demangan Barat Bangkalan RKH. Moh. Nasih Aschal menyampaikan bahwa yang terjadi di masyarakat dampak-dampak mengenai virus corona yang mana segala hal dari sisi perekonomian, secara sosial kemasyarakatan dan juga persoalan keagamaan yang diberhentikan disebabkan virus tersebut sehingga ada dampak-dampak negatif dari masyarakat yang harus diperbaiki oleh para santri dalam menyikapi persoalan tersebut.

‘’kita harus lihat dari awal, kalau kita hanya melihat dari perspektif agama maka  blunder, karna tidak ada satupun wilayah di dunia ini yang dalam rangka untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut, tidak melakukan pembatasan penghambatan aktifitas keagamaan dan yang lainnya, dan juga di Indonesia ini aktifitas keagamaan seperti masjid yang di tutup itu hanya sebagian yang hal itu terjadinya terhadap zona yang merah dan kalian semua ini harus mempunyai pemahaman yang sama apa yang terjadi dalam persoalan covid 19 ini harus kita tau bahwa di setiap negara melakukan langkah-langkah pencegahan karna semua melihat persoalan Covid 19 ini adalah persoalan kemanusiaan maka manusia ini di berlakukan sama bukan hanya islam yang tidak boleh akan tetapi non islam juga tidak boleh karena ini yang dilihat adalah kemanusiaan,’’ Jelasnya

Sebelum para santri sowan acara tersebut diakhiri dengan pembacaan doa oleh KH. Agus Lukmanul Hakim salah satu majelis keluarga Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan sekaligus ia berpesan terhadap para santri ketika mau pulang untuk membacaakan doa terlebih dahulu.

‘’Sebelum pulang para santri saya ingin berpesan ketika ingin menaiki kendaraan terlebih dahulu membaca bismillahilladi layudurru ma’as mihi syaiun fil ardhi wala fissama’ wahuwas samiul alim walahaula walakuata illabillahil aliyil adzim tiga kali setelah naik kendaraan inna anzalnahu fil qodr sampai akhir tiga kali juga dan mudah mudahan semuanya diberikan keselamatan,’’ pesannya.

Reporter : Fakhrul

Editor : Shoim_Karim