Ra Latif akan Wujudkan Santri Enterpreneur Terlibat dalam Perekonomian Bangkalan

oleh -621 views

SYAICHONA.NET- Dinas Koperasi dan Usaha Mikro bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Bangkalan mengadakan beberapa pelatihan kepada santri dalam meningkatkan kualitas kewirausahaan santri yang dihadiri langsung oleh Bupati Bangkalan RKH. Abdul Latif Amin Imron, bertempat di Gedung Rato Ebu. Senin, (16/03).

Acara tersebut dibuka oleh bupati Bangkalan sekaligus memberikan sambutan terhadap para santri yang ikut dalam pelatihan tersebut.

“Dalam pelatihan ini ya nantinya para santri yang ikut pelatihan, mudah-mudahan bisa memunculkan ide-ide yang kreatif sehingga bisa memotifasi bagi santri dalam bidang kewirausahaan ini dan ikut berkontribusi terhadap pertumbuhan perekonomian di kabupaten Bangkalan,’’ ucap Bupati Bangkalan RKH. Abdul Latif Amin Imron.

Sebelum acara dimulai para peserta mengadakan geladi bersih untuk membacakan lagu hubbul wathon dan lagu kebangsaan Indonesia Raya dalam menyambut Bupati Bangkalan RKH. Abdul Latif Amin Imron supaya acara bisa berjalan dengan baik.

Ketua panitia menyatakan bahwa pelatihan terhadap santri tersebut agar para santri selain mengetahui ilmu-ilmu agama juga bisa meningkatkan kewirausahaan untuk bisa memajukan perekonomian di pesantren.

Pelatihan untuk meningkatkan kualitas kewirausahaan santri enterpreneur pemerintah kabupaten Bangkalan mengutus empat pesantren yaitu Ponpes Syaichona Moh. Cholil, Ponpes Nurul Cholil, Ponpes Alfalah Al Kholili Kepang, Ponpes AlKholiliyah An-Nuroniyah Demangan Timur. Setiap pesantren mengutus sebanyak berjumlah dua puluh lima santri yang diutus untuk mengikuti pelatihan tersebut.

Rangkaian pelatihan tersebut dimulai dengan memotivasi peserta yang ikut dalam pelatihan

Dalam pelatihan untuk meningkatkan kualitas kewirausahaan santri enterpreneur tersebut Andre Yunarto menjelaskan mengenai interprenership dan kewirausahaan.

‘’Enterpreneurship itu adalah orang yang berkreativitas dan berinovasi dalam sesuatu yang tidak ada nilainya bisa menjadi nilai tambahnya, yaitu nilai ekonominya,’’ tutur Andre Yunarto.

Andre Yunarto juga menjelaskan sifat-sifat enterpreneur yang islam yaitu dengan berdoa dan takwa, usaha dengan bersungguh- sungguh, ikhlas niatnya ibadah, tawakal, jujur, tawaduk, bersukur serta qonaah, bertekat, toleransi dan menjaga silaturrahmi.

‘’Jika kita pikirannya hanya uang maka yang di dapat hanyalah uang, tapi jika kita niatkan untuk ibadah maka selain kita mendapatkan uang juga dapat pahala,’’ jelas Andre Yunarto.

Reporter : FAKHRUL ROSI

Editor : ACH. SHOIM KARIM