Semarak Harlah Fakher Mania Dan Ahbabul Musthofa Gelar Festival Sholawat Al-Habsyi

oleh -513 views

SYAICHONA.NET- Dalam rangka pra harlah Ahbabul Musthofa Bangkalan yang ke-9 dan Fakhers Mania Bangkalan yang ke-8 Pengasuh Pondok pesantren Syaichona Moh. Cholil sekaligus pembina Ahbabul Mustofa RKH. Fakhrillah Aschal menyelenggarakan festival Grand Final Sholawat al-Habsyi cabang Ahbabul Mustofa Bangkalan yang bertempat di Stadion Gelora Bangkalan pada hari kamis malam jum’at (13/03).

Acara festival sholawat al-Habsyi cabang Ahbabul Musthofa Bangkalan setiap tahunnya RKH. Fakhrillah Aschal selaku pembina Ahbabul Musthofa mengadakan acara tersebut yang biasanya dilaksanakan di depan halaman Madrasah Diniyah Salafiyah Al-Ma’arif Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan dan pada festival Grand final kali ini di laksanakan di Stadion Gelora Bangkalan.

Peserta yang masuk dalam Grand final sholawat Al-Habsyi cabang Ahbabul Musthofa Bangkalan tresebut sekitar sepuluh peserta dari setiap jamiyah delegasi yang sebelumnya sudah diseleksi dari setiap perkecamatan.

‘’Festival kali ini sepuluh peserta dari setiap delegasi antar kecamatan diantaranya Kokop, Tanjung Bumi, Sepulu, Konang, Tanah Merah, Trageh, Kamal, Jeddih, serta Galis,’’ ucap salah satu panitia yang juga anggota Ahbabul Musthofa Ust. Abdul Barik.

Dalam memeriahkan harlah Ahbabul Mustofa Bangkalan yang ke-9 dan Fakhers Mania  yang ke-8 ini, RKH. Fakhrillah Aschal juga megadakan Festival Bola api, tarik tambang serta panjat pinang yang diselenggarakan di Alun-Alun Kota Bangkalan. Dan untuk para Fakher Mania perempuan panitia akan menyelenggarakan festival merias tumpeng.

Sebelum dibacakan juara festival sholawat Al Habsyi tersebut terlebih dahulu melantunkan sholawat Al Habsyi yang dipimpin langsung oleh Pembina jamiyah Ahbabul Mustofa Bangkalan RKH. Fakhrillah Aschal.

Dari sepuluh peserta dari setiap delegasi pemenang hanya diambil lima dan juara pertama mendapatkan sepeda motor, yang kedua mendapatkan lemari es kulkas, ketiga mendapatkan televisi, ke-empat mendapatkan AC air dan yang kelima mendapatkan DCD.

Juara pertama diraih oleh  delegasi dari Kecamatan Burneh yang bernama jam’iyah Nurul Fatah, kedua diraih oleh jam’iyah Asy-Syahbi delegasi dari kamal, juara tiga diraih oleh kecamatan Tanjung Bumi yaitu Nurul Mustofa, keempat diraih oleh Ahbabul Muhbar dari kecamatan Geger dan yang kelima kecamatan Trageh jamiyah Al-Khoirat.

‘’Kami berharap dengan diselenggarakan acara ini masyarakat Bangkalan rasa mahabbahnya bertambah pada Nabi Muhammad SAW. Dan semoga Fakher Mania ini lebih banyak, dengan adanya Bangkalan sebagai kota Dzikir dan Sholawat,’’ harapan salah satu anggota Ahbabul Mustofa Bangkalan Ust. Abdul Barik

Reporter : Fakhrul

Editor : Ach. Soim