LT2Q Ponpes Syaichona Cholil Akan Gelar Wisuda Perdana Metode Qur’ani Sidogiri

oleh -547 views

SYAICHONA.NET- (03/03) Lajnah Ta’limiyah Wa Tahfidul Qu’ran (LT2Q) Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil yang baru menggunakan metode Qur’ani Sidogiri, akan dilaksanakan wisuda perdana bagi para mutaallim  yang insyaallah pada tanggal 10 April yang bertempat di halaman Madrasah Diniyah Salafiyah al-Ma’arif Bangkalan.

Ketua Lajnah At-Ta’limiyah Wa Tahfidul Quran Ust. Moh. Karror menyampaikan bahwa wisuda tersebut konsepnya tidak jauh berbeda dengan wisuda al-miftah lil ulum yang berada di Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil.  nantinya ada penampilan-penampilan yaitu meliputi tartilul Quran, tartil bittaghonni yang akan dikolaborasikan sesuai konsep yang telah di tentukan panitia.

Dan bagi peserta yang akan di wisuda harus melewati pra tasheh dari pengurus cabang Sidogiri dan dari pusat Sidogiri sendiri bahwa muta’allim tersebut berhak dan layak untuk diwisuda.

‘’Sebelum para mutaallim Qur’ani Sidogiri di wisuda, mereka harus mengikuti pratashih dari cabang Sidogiri yang ada di Bangkalan pada tanggal 11 sampai tanggal 15 Rajab dan tashih dari pengurus pusat Sidogiri pada tanggal 25 Rajab pada hari jumat,’’ tutur Ust. Moh. Karror.

Tujuan dilaksanakan wisuda bagi mutaallim agar Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil disini selain menambah giat dalam belajar juga untuk LT2Q kedepannya dari pengguna metode Sidogiri menjadi pengelola metode Sidogiri dan syaratnya harus ada tasheh dari para muallim yang kemudian dibuktikan dengan adanya wisuda tersebut.

Baca juga : RKH. Fachruddin Aschal Hadiri Tasyakuran Bersama Santri Daerah C

”Pelaksanaan wisuda perdana disini untuk menuju lembaga al-Quran di Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil ini yang baru saja menggunakan metode Qur’ani Sidogiri, dari pengguna dan tahun depan  akan dirubah sedikit menjadi pengelola dan syarat untuk mengeluarkan nomer induk lembaga itu salah satunya harus ada muallim dan mutaallim yang di tasheh dengan adanya wisuda sehingga LT2Q tahun depan bukan lagi pengguna melainkan pengelola dan insyaallah nomer induk lembaga dari Sidogiri akan segera keluar” ucap ketua LT2Q Ust. Moh. Karror

Para mutaallim yang diwisuda akan ada demonstrasi mengenai tentang seputar ilmu-ilmu tajwid, hukum bacaan yang ditampilkan dilayar dan para wisuda tersebut sudah sowan kepada pengasuh Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil RKH. Fakhrillah Aschal.

”Dengan adanya wisuda ini tidak lain hanya ingin menyesuaikan nama Pondok Pesantren ini, sejauh ini masih belum sesuai program al- Qur’annya dengan nama yang sebesar Syaichona Moh. Cholil ini, dan alhamdulillah bila nantinya setelah ada wisuda, minat para wali santri semakin bertambah ke Pondok Pesantren ini sehingga perkembangan di Syaichona itu ada yang deksifikan di dalam bidang al-Qurannya” harapan ketua LT2Q Ust. Moh. Karror.

REPORTER : FAKHRUL

EDITOR : ACH SOIM