Menanti Sang Buah Hati, Putra Mahkota Bangkalan Gelar Acara Walimatul Hamli

oleh -8.724 views

SYAICHONA.NET – Putra mahkota Bangkalan, Mas Muhammad Ismail al-Ascholy putra dari Nyai Hj. Muthmainnah Aschal, baru saja menggelar acara Tingkeban atau yang dikenal dengan acara tujuh bulanan (Pelet Kandung : Madura) atas kehamilan sang istrinya, Neng Muktafiyah Bikanafillah Putri Rais Am PBNU KH. Miftahul Akhyar. Yang digelar di Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan, Sabtu (09/02).

Acara tersebut dikonsep dengan berbagai acara sesuai dengan adat jawa, keluarga besar Mas Muhammad Ismail al-Ascholy menggelar acara tingkeban sebagai ungkapan syukur dan doa agar sang istri dan janin selalu sehat dan selamat sampai melahirkan nanti.

Beberapa tamu undangan hadir untuk memanjatkan do’a. Turut hadir Rais Am PBNU KH. Miftahul Akhyar beserta keluarga, Habib Ubaidillah Al-Aydrus, Habib Abdullah, KH. Wahab Jazuli, KH. Abdul Adzim Kholili, Bupati Bangkalan dan segenap bani Kholil.

Seperti biasanya acara tingkeban dimulai dengan pembacaan doa dan sholawat dan dilanjutkan dengan pembacaan beberapa ayat suci al-Qur’an  surah Yasin, surah Yusuf, dan surah Lukman kemudian dilanjutkan dengan membaca ayat kursi bersama-sama agar calon bayi dihindarkan dari mara bahaya dan diakhiri dengan doa’ untuk keselamatan sang buah hati.

Beberapa prosesi Tingkeban  telah dilaksanakan secara berurutan. Mulai, pasangan calon ayah dan calon ibu melakukan sungkeman untuk meminta doa restu untuk keselamatan persalinan. Prosesi kemudian berlanjut ke ritual siraman, calon ibu akan dimandikan dengan tujuan menyucikan sang calon ibu dan si jabang bayi secara lahir dan batin.

 

REPORTER : SHOIM KARIM