Rangkaian Haul Nyai Hj. Sumtin, Ponpes Syaichona Cholil Adakan Bahtsul Masail Se Jawa-Madura

oleh -989 views

SYAICHONA.NET- Majelis Munadhoroh wal Maktabah (M3) Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan akan mengadakan Bahtsul Masail Wustha (BMW) se Jawa- Madura yang ke-9 dan seminar santri bersama Gus Muhammad Hamim HR. Direktur Aswaja NU Center kabupaten Malang dalam rangka Haul Nyai. HJ. Sumtin binti Husnawiyah istri KHS. Abdullah Schal. Pada Hari Senin sampai Selasa (27-28/01). Yang bertempat di Aula untuk komisi A dan Musholla untuk komisi B.

Acara BMW tersebut merupakan agenda M3 dalam satu tahun sekali yang kebetulan BMW sekarang bertepatan dengan Haul Nyai. HJ. Sumtin Binti Husnawiyah, Panitia BWM mengkemasnya dalam rangkaian Haul, dengan harapan mendapat hikmah barokah dari masyaikh Ponpes Syaichona Moh. Cholil.

panitia Bahtsul Masail Wustha, Ust. Ismail Zaen mengatakan bahwa acara yang akan diselenggarakan ini menghabiskan dana sekitar tiga puluh juta dan dalam agenda tersebut dibagi menjadi dua bagian komisi A dan komisi B dalam setiap komisi ada sekitar 6 problematika permasalahan.

‘’Pada BMW kali ini di setiap komisi ada 6 permasalahan meliputi chatting bersama lawan jenis di medsos, apa termasuk khalwat dan bagaimana hukumnya itu akan dituntas dalam komisi A, di B membahas megenai tentang menelantarkan istri sekarang ini kan banyak istri dilantarkan begitu saja, menyalahkan tokoh agama, tentang hukum Al- Qur’an yang diwakafkan seperti di musolla pesantren terus dibawa ke asrama dan ditaruhnya di sana tidak dikembalikan ke musolla ? ’’ucap salah satu panitia BMW Ust. Ismail Zaen saat diwawancarai.

BMW yang ke-9 ini juga akan dihadiri Gus Budi alumni Pondok Pesantren Lirboyo, KH. Wahab Jazuli Bancaran lora Usman serta semua staf pengajar Ponpes Syaichona Moh. Cholil  seperti Ust. Mauridi dan yang lainya, serta 60 pesantren Se Jawa – Madura yang diundang diantaranya ada dari Cirebon, Sarang tiga pondok Al Anwar dari Jawa Timur Lirboyo, Ploso, Sidogri, Sukorejo, Dalwa, dan Pondok lainnya yang aktif dalam musyawarah dan dari bangkalan hampir semua pondok baik yang aktif dalam bahtsul masail atau yang tidak.

‘’Dengan adanya acara ini terutama bagi para santri khususnya santri Syaichona Moh. Cholil di adakan BMW ini kita bisa mengambil hikmah dari pesantren lain bagaimana cara mengkaji kitab klasik agar menjadi motifasi lebih, lebih giat dalam Musyawaroh, meningkatkan kajian kitab kuningnya karna bagi pesantren kitab kuning yang menjadi bahan rujukan pokok’’ harapan salah satu panitia pelaksana BMW Wustha ke-9 Ust. Ismail

Panitia Bahstul Masail Wustho Ke 9 sudah menyebarkan rute perjalanan menuju Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil untuk peserta yang dari luar pulau Madura yaitu Bagi para peserta yang lewat dari surabaya lewat jalur Suramadu turun simpang tiga Burneh naik angkot atau carry jurusan Bangkalan atau ojek turun Ponpes Syaichona Moh. Cholil, Demangan Barat Bangkalan Pengasuh RKH. Fakhrillah Aschal atau Alm. KHS. Abdullah Schal sedangkan dari arah Madura Sumenep, Pamekasan, Sampang turun pertigaan Junok naik angkot tujuan  Ponpes Syaichona Moh. Cholil.

 

Reporter : Fakhrul

Editing : Ach. Shoim Karim