Canggih, Ponpes Syaichona Cholil Gunakan Listrik Berbasis Tenaga Surya

oleh -1.589 views

SYAICHONA.NET- Senin (30/12) kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) RI melalui PT Wijaya karya mengibahkan pembangunan alat Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Rooftop kepada Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan untuk menghematkan penggunaan tenaga listrik.

Perwakilan meneger PT. Wijaya Karya Galiman Santosa menyampaikan bahwa ada sekitar 36 pesantren di seluruh Indonesia yang mendapatkan bantuan pembangkit listrik tenaga surya dari menteri SDM termasuk di Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil merupakan salah satu diantaranya.

‘’Pembangkit Listrik Tenaga Surya ini energi yang di serap langsung dari sinar Matahari supaya mengefesienkan, bisa membantu sumber tenaga  listrik di Pondok, agar beban pembayaran PLN lebih menurun dengan adanya tenaga surya ini’’.ucapnya

Menurut bapak Samsul arifin selaku penanggung jawab atas bantuan tersebut menyampaikan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan oleh Menteri ESDM sehingga dapat mengurangi beban anggaran pondok pesantren terhadap pembiayaan listrik kepada PLN. dan akan menggunakan PLTS tersebut sesuai kebutuhan

“Insya Allah akan digunakan sesuai dengan prosedur dan PLTS ini akan dihubungkan ke Aula dan asrama yang berada di pondok pesantren Syaichona Moh. Cholil. dan kita akan lihat perkembangannya semoga bermanfaat” ujarnya.

Menteri ESDM selain pembangunan pembangkit listrik tenaga surya ini juga memberikan bantuan Lampu led kepada  Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil agar daya tahan listik lebih irit dari pada menggunakan lampu yang biasanya karena daya tahannya tidak tinggi seperti biasanya.

Tenaga surya tersebut mulai dikerjakan sejak minggu yang lalu dan baru selesai pada hari senin (30/12) setelah di monitoring langsung oleh  setmen menejer PT. Wijaya karya bapak Galiman Santosa, dan ia menghimbau dengan adanya pembangkit listrik tenaga surya ini para santri dapat menjaga dengan baik supaya panil surya tersebut tetap tejaga santri lebih ringan dalam pembayaran.

‘’Semoga bisa menjaga hibah ini dengan baik, agar panil Surya ini tetap terjaga, pengeluaran listrik di Pondok ini lebih irit dan selama speknya terjaga maka daya tahannya akan kuat kurang lebih lima  sampai sepuluh tahun masih bisa di manfaatkan’’ harapnya.

REPORTER : FAKHRUL

EDITOR ; ACH. SHOIM KARIM