Apel Akbar, Santri Bangkalan Gunakan Bahasa Madura

oleh -506 views

syaichona.net – Selasa (22\10) Alun-alun kota bangkala dipenuhi 3000 santri dari berbagai Pesantren di Bangkalan, guna laksanakan “Apel Akbar peringatan Hari Santri Nasional”, beda dengan upacara biasanya, kali ini Bupati Bangkalan mengadakannya dengan menggunakan bahasa madura.

Acara yang juga bertujuan untuk mengenang para pejuang yang telah mendahului kita ini, Bupati Bangkalan RKH. Abdul Latif Amin Imron, Anggota DPRD yang dipakai Inspektur apel mengelilingi alun-alun kota Bangkalan, guna menyapa semua peserta Apel Akbar dari dekat.

Acara inti pada upacara yang di inspekturi oleh Bupati Bangkalan ini, diawali dengan Pembacaan ikrar santri, yang di bacakan oleh anggota DPRD Jawa Timur, RKH. Muhammad Nasih Aschal, keKetua Tanfidziah Pimpinan Cabang Nahdhatul Ulama (PCNU) Bangkalan KH. Makki Nasir, lanjutkan dengan pembacaan Resolusi Jihad.

Inspektur upacara sampaikan beberapa pesan dan harapan

“Perannah santreh edelem ajegeh keutuhan naghereh kodhuh aghedhuen kiprah se adhesar Pancasila,Bersendi bhenika tunggal ika, ben bedeh ebherisen paleng adek edelem abela Indonesia” dawuh beliau. (Red Madura).

Artinya : Santri dalam menjaga keutuhan negeri harus mempunyai kiprah yang berdasarkan pancasila, bersendikan bhenika tunggal ika, serta harus berada di garda terdepan dalam membela Indonesia

“Santri harus jadi ujung tombak dalam pembangunan dan menjaga keutuhan Indonesia, rela berjihad untuk mempertahankan akidah, dan membangun Bangkalan sesuai dengan diperintahkan allah, serta menjaga Bangkalan sebagai kota Zikir dan Sholawat” pesan beliau sebelum meng akhiri amanatnya.

Hadir dalam Apel Akbar Hari santri Nasional 2019; PP. Nurul Cholil (600 Santri), PP. Mambaus Salam Seninan (35 Santri), PP. Al-Hikam (50 Santri), PP. Al Asror (100 Santri), PP. Al Asror (100 Santriwati), PP. Al Falah Kepang (250 Santri), PP. Ibnu Cholil (100 Santri), PP. Syaichona Moh. Cholil (765 Santri) dan PP. Syaichona Moh. Cholil (400 Santriwati)

Cuaca yang makin panas oleh terik matahari, tidak memudarkan semangat para santri untuk mengikuti acara Apel Akbar ini sampai selesai, Apel Akbar dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional ini ditutup dengan persembahan-persembahan, yang juga dibawakan oleh santri, seperti Drum Band, Tari Samman dari MAN Bangkalan, dan Antraksi Pencak Silat Pagar Nusa dari Pon-pes Nurul Cholil.

 

Reporter: Fachrun As

Editor : Dhoifur Rohman