Resmi Di Bongkar, Pesantren Syaichona Cholil Akan Bangun Jedding Megah Bertaraf Ramah lingkungan

oleh -837 views

SYAICHONA.NET – Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan, Ahad (18/09) resmi melakukan pembongkaran kamar mandi (Jedding) yang terletak di belakang asrama C yang mana bangunan jeding ini usianya sudah mencapai puluhan tahun. Maka dari itu pengurus pesantren dengan anggaran dana kurang lebih sebanyak Rp 350 Juta akan mengonsep bangunan jeding yang baru dengan konsep ramah lingkungan.

Ust. Mahmud Ridho selaku ketua pelaksana pembangunan mengatakan bangunan jeding baru ini ditargetkan akan selesai selama tiga bulan. Saat ini sedang dilakukan perobohon dan pembersihan puing-puing sisa bangunan lama. Dan tidak ada pembebasan lahan, lokasi pembangunan jeding baru tetap berada di belakang daerah C.

“lahan pembangunan tetap di sini (Belakang Daerah C) hanya bentuk bangunannya akan dirubah menjadi dua lantai dengan konsep ramah lingkungan akan tetap kita maksimalkan dengan cara memperhatikan kebersihan, karena bangunan baru ini akan di keramik baik sisi luar maupun di dalam jeding.” Tutur Ust. Mahmud saat diwawancarai.

Lebih lanjut Ust Mahmud menjelaskan detail konsep bangunannya yang akan menghabiskan dana sebanyak Rp. 350 Juta, yaitu akan di bangun dua lantai, lantai pertama akan dibangun toilet dan kamar mandi dengan posisi bak mandi atau kolam berada di tengah sehingga hanya ada satu pintu akses menuju kamar mandi.

“dengan dua lantai ini saya harap bisa memberikan manfaat kepada para santri yang mana lantai dasar akan dibangun kamar mandi dan toilet dari dua sisi yaitu kanan dan kiri berhadapan dan lantai dua akan difungsikan sebagai jemuran sehingga santri tidak perlu ke atas aula untuk menjemur mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan” jelas Ust Mahmud yang juga menjadi pengurus Keamanan.

Kendati demikian Ust. Mahmud selaku santri senior turut berharap kepada semua santri agar nantinya tetap menjaga kebersihan Harapannya agar para santri maupun tamu atau pengunjung bisa menikmati toilet dan kamar mandi yang bersih dan nyaman serta semakin sadar akan pentingnya kamar mandi dan toilet yang terawat dengan baik.

“Kebersihan toilet dan kamar mandi nantinya menjadi tanggung jawab semua santri.  Akan Ada jadwal untuk membersihkan toilet dan kamar mandi secara bergiliran. Tidak boleh ada yang membuang sampah sembarangan. Semua sampah kemasan sabun, sampo dan lain-lain harus di buang di tempat sampah yang telah disediakan oleh pengurus bagian kebersihan” harapnya

 

REPORTER : ACH. SHOIM KARIM