Siapkan Generasi Qur’ani, Ponpes Syaichona Cholil Selenggarakan Pelatihan Metode Qurani Sidogiri

oleh -6,172 views

SYAICHONA.NET – Ahad, (07/07) Bertempat di Gedung Aula, Lajnah Ta’limiyah Wa Tahfidzil Qur’an (LT2Q) Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan melakukan peningkatan kualitas tenaga pengajar al-Quran yang dikemas dengan pelatihan Muallim (Pengajar) dengan menggunakan  Metode Qurani Sidogiri (MQS)  yang digagas oleh Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan.

Dalam keterangannya Ust. Moh. Karror selaku  Ketua Lajnah Ta’limiyah Wa Tahfidzil Qur’an (LT2Q). menuturkan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk peningkatan kualitas tenaga pengajar setelah mengevaluasi tentang metode yang dipakai selama ini kurang maksimal di Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil.

‘Terkait Metode yang akan kita terapkan nantinya di pondok pesantren ini. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perubahan metode ini diantaranya melihat dari empat tahun terakhir mirisnya santri dalam bidang al-Qur’an belum bisa memberikan peningkatan yang baik. Karena juga faktor metodelogi yang sulit. Maka dari itu saya bersama pengurus berinisiasi meningkatkan metodelogi baca al-Qur’an. Dan Alhamdulillah disetujui oleh majelis keluarga “

Metode Qur’ani Sidogiri sendiri sudah dterapkan di 32 lembaga yang diikuti oleh 124 Muallim dan 1.654 Muta’allim se Kabupaten Bangkalan, seperti halnya yang disampaikan oleh koordinator Metode Qurani Sidogiri (MQS) Cabang Bangkalan, Ust. Kholilurrohman. Bahwa metodelogi tersebut akan dijadikan Kurikulum pelajaran bagi Madrasah ranting Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan.

“materi dengan Metode Qurani sidogiri ini sangat mudah di pelajari sehingga layak untuk diterapkan di pondok pesanren ini. Maka dari itu saya dan dan teman yang lain siap menjadi mitra di Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Dalam rangka pengembangan metodelogi al-Quran di pesantren ini” jelas Ust. Kholilurrohman selaku koordinator MQS cabang Bangkalan.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Ketua Ma’hadiyah yang diwakili oleh Ust. Mufti Shohib beliau berharap dengan hadirnya Metode Qurani Sidogiri tersebut agar bisa menjadi penyemangat baru serta bahan evaluasi terhadap metode yang akan dipakai “ apa yang nanti kita pelajari disini semoga bisa dipraktekan, dengan adanya metodelogi ini saya berharap bisa lebih aktif dan evektif dalam kegiatan mengaji” Harapnya

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama satu hari yang terbagi menjadi tiga sesi materi yang disampaikan oleh tenaga pengajar dari MetodeQurani Sidogiri. Para Muallim akan dibekali bagaimana cara menerapkan metode ini dan akan mendapatkan sertifikat oleh panitia dari koordinator pusat Metode Qur’ani Sidogiri sebagai tanda telah layak menjadi tenaga pengajar al-Qur’an.

Reporter : Shoim Karim

banner 700x350

No More Posts Available.

No more pages to load.