Siapkan Generasi Qur’ani, Ponpes Syaichona Cholil Selenggarakan Pelatihan Metode Qur’ani Sidogiri

oleh -217 views

SYAICHONA.NET – Ahad, (07/07) Bertempat di Gedung Aula, Lajnah Ta’limiyah Wa Tahfidzil Qur’an (LT2Q) Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan melakukan peningkatan kualitas tenaga pengajar al-Quran yang dikemas dengan pelatihan Muallim (Pengajar) dengan menggunakan  metodelogi Qur’ani Sidogiri (MQS)  yang digagas oleh Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan.

Dalam keterangannya Ust. Moh. Karror selaku  Ketua Lajnah Ta’limiyah Wa Tahfidzil Qur’an (LT2Q). menuturkan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk peningkatan kualitas tenaga pengajar setelah mengevaluasi tentang metode yang dipakai selama ini kurang maksimal di Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil.

‘Terkait Metode yang akan kita terapkan nantinya di pondok pesantren ini. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perubahan metode ini diantaranya melihat dari empat tahun terakhir mirisnya santri dalam bidang al-Qur’an belum bisa memberikan peningkatan yang baik. Karena juga faktor metode yang sulit. Maka dari itu saya bersama pengurus berinisiasi meningkatkan metode. Dan Alhamdulillah disetujui oleh Majelis Keluarga “

Metodelogi Qur’ani Sidogiri sendiri sudah dterapkan di 32 lembaga yang diikuti oleh 124 Muallim dan 1.654 Muta’allim se Kabupaten Bangkalan, seperti halnya yang disampaikan oleh koordinator Metodelogi Qur’ani Sidogiri (MQS) Cabang Bangkalan, Ust. Kholilurrohman. Bahwa metode tersebut akan dijadikan Kurikulum pelajaran bagi Madrasah ranting pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan.

“materi dengan metode Qur’ani sidogiri ini sangat mudah di pelajari sehingga layak untuk diterpkan di pondok pesanren ini. Maka dari itu saya dan dan teman yang lain siap menjadi mitra di Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Dalam rangka pengembangan metode al-Quran di pesantren ini” jelas Ust. Kholilurrohman Selaku koordinator MQS cabang Bangkalan.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Ketua Ma’hadiyah yang diwakili oleh Ust. Mufti Shohib beliau berharap dengan hadirnya Metode Qur’ani tersebut agar bisa menjadi penyemangat baru serta bahan evaluasi terhadap metode yang akan dipakai “ apa yang nanti kita pelajari disini semoga bisa dipraktekan, dengan adanya metode ini saya berharap bisa lebih aktif dan evektif dalam kegiatan mengaji” Harapnya

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama satu hari yang terbagi menjadi tiga sesi materi yang disampaikan oleh tenaga pengajar dari Metodelogi qur’ani Sidogiri. Para Muallim akan dibekali bagaimana cara menerapkan metode ini dan akan di beri sertifikat oleh panitia dari koordinator pusat Metode Qur’ani Sidogiri sebagai tanda telah layak menjadi tenaga pengajar al-Qur’an.

Reporter : Shoim Karim