Safari Ramadhan, Ponpes Syaichona Cholil Bangkalan Terjunkan Santri Ke Masyarakat

oleh -462 views

Syaichona – Momen Ramadhan 1440 H. tidak mau terlewatkan dan terbuang sia –sia. Ramadhan sebagai bulan pembelajaran (Tarbiyah) dimanfaatkan dengan baik oleh Pondok Pesantren  Syaichona Moh. Cholil Bangkalan. Untuk mengaplikasikan ilmunya dengan  menerjunkan santri ke masyarakat yang di kemas dengan kegiatan Safari Ramadhan.

Kegiatan  Safari Ramadhan ini merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya . Pada tahun ini di perkarsai oleh An-Nafs (Aliansi Murid Asuhan Ust. Moh. Nafi dan Ust. Ach. Hafsin)  Lulusan kelas III Tsanwaiyah angkatan 2016-2017.  Puluhan santri ini akan di tugaskan terjun keberbagai desa dan Kecamatan Se kabupaten Bangkalan.

Safari ramadhan yang di mulai dari tanggal 03 Ramadhan sampai 20 Ramadhan ini akan di fokuskan untuk pemberian materi kepada masyarakat tentang seputar Bulan Ramadhan, Tentang Zakat, Idul Fitri dan lainnya yang bersangkutan dengan bulan Ramadhan.

kegiatan ini merupakan Salah satu program Pesantren yang bertujuan untuk mendidik dan mengasah ke ilmuan santrinya lebih khusus mengasah kemampuan dalam menghadapi masyarakat, dan program ini juga merupakan salah satu wadah untuk mengamalkan ilmu yang telah di pelajari di pondok pesantren Syaichona Moh. Cholil ini.” Ucap salah satu peserta Safari Ramadhan.

Momentum ini juga sekaligus sebagai ajang menjalin komunikasi dan silaturrahim yang baik antara santri dan masyarakat. Sekaligus membangun komunikasi dengan warga masyarakat dan menyosialisasikan program-program pesantren di bawah kegiatan Safari Ramadhan pada tahun ini.

Mudah – mudahan kegiatan ini bermanfaat bagi lapisan masyarakat dan mudah-mudahan materi yang di sampaikan ini menjadi satu alat pengingat kembali bahwa hal-hal kecil atau hukum hukum kecil yang biasa kita nafikan ternyata manfaatnya luar biasa, dari situ masyarakat bisa membedakan mana yang perlu di lakukan dan yang tidak perlu di lakukan “ Jelas Ust. Ilzam Selaku koordinator kegiatan Safari Ramadhan Tersebut.

 

REPORTER : ACH. SHOIM KARIM