Amalan Mudah Berpahala Surga di Bulan Rajab

oleh -602 views
Syaichona.net

Syaichona.net – Bulan Rajab merupakan Bulan Agung. Dimana orang Arab lebih mengagungkan Bulan Rajab ketimbang bulan lainnya. Rajab merupakan bulan yang didalamnya terdapat amalan-amalan mudah berpahala sangat besar yang tidak akan ditemukan diselain Bulan Rajab.

Sering juga kita dengar bahwa Bulan Rajab merupakan bulannya Allah, karna dalam sebuah hadis Rasulullah SAW pernah bersabda; artinya, “ketahuilah bahwa Rajab bulan Allah sedangkan Sya’ban bulanku dan Ramadan bulan ummatku”.

Para ulama menerangkan mengenai  hadis ini bahwa Rajab adalah bulan Istigfar, Sya’ban adalah bulan untuk memperbanyak Shalawat kepada Rasulullah SAW, dan Ramadhan adalah bulan memperbanyak bacaan Al-Qur’an.

Dari hadis diatas kita dapat menarik kesimpulan bahwa sebagai ummat Islam kita harus memuliakan dan mengagungkan Bulan Rajab dengan amalan baik sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW dan para Ulama, seperti sholat, puasa sunnah, shodaqah, dan amalan baik lainnya.

Karna barang siapa yang memuliakan Bulan Rajab maka Allah akan memuliakannya dengan seribu karamah di hari kiamat.

Baca juga: Drama Spektakuler “Berdirinya Nahdlatul Ulama”

Selain Bulan Rajab disebut bulan شهر الله (bulan Allah) dalam kitab i’anatut tholibin (II/168) karya al-Alamah Abi Bakar Usman bin Muhammad Syatha mengklarifikasi Bulan Rajab menjadi beberapa penyebutan.

Pertama disebut dengan bulan الاصب (sumber) karna terdapat beberapa sumber kebaikan di dalamnya. Kedua disebut الاصم (tuli) disebabkan tidak ada suara pedang yang terdengar di telinga orang arab dalam pertempuran, sehingga disebut bulan tuli.

Dan terakhir atau yang ketiga Bulan Rajab disebut  bulan الرجم (laknat) di Bulan Rajab ini para musuh-musuh Allah dan Syaiton di laknat, sehingga tidak dapat menyakiti kekasih Allah dan para Sholihin.