Hari Kehakiman Nasional: HPI Stais Bangkalan Gelar Talk Show Kekuasaan Kehakiman

oleh -545 views

Syaichona.net – Banyaknya kasus hukum yang terjadi di Indonesia, namun masih belum terselesaikan bahkan menambah polemik dikalangan masyarakat, karna kurangnya keadilan dari sang hakim dalam menangani kasus-kasus yang bertebaran di kalangan masyakat kecil.

Sehingga membuat para mahasiswa dan mahasiswi Himpunan Prodi Hukum Pidana Islam (HPI) Sekolah Tinggi Agama Islam Syichona Moh. Cholil (STAIS) Bangakalan mengambil bagian dalam mengkaji dan menelaah hal tersebut dengan mengadakan TALK SHOW dalam rangka memperingati hari kehakiman Nasional.

Acara yang dihadiri seluruh mahasiswa dan mahasiswi HPI ini mengusung tema “Kekuasaan Kehakiman” (Peluang Dan Peranan Sarjana Hukum Muslim Di Lingkungan Peradilan Umum) dengan menghadirkan dua narasumber, H. Hendro Sasmito,. SH. M.hum, Kejaksaan Tinggi Jawa Timur dan Wasis Soeharto,. SH. MM, Pengadilan Negeri Bangkalan.

Minggu (17/03/2019) di Auditorium STAIS Bangkalan. Dihadiri ketua Prodi HPI, Prof. Dr. H. Nasiri Abadi,. MH. MH,I. dan dimoderatori oleh Diah Ratni Oktavriana,. SH. MH. Dosen aktif STAIS Bangkalan.

Setelah para narasumber memberikan materi kepada peserta Talk Show, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari para audien, Dhoifur Rohman, salah satu audien menanyakan terkait dengan masalah terkenya hukuman bagi tukang becak dan para pedagang jalanan padahal mereka tidak tahu menahu masalah hukum.

Saat H. Hendro Sasmito,. SH. M.hum, Menjawab Pertanyaan dari Audien

Dengan kealiman dan pengalamannya dalam bidang hukum, H. Hendro sasmito memaparkan bahwa para tukang becak dan pedagang juga terkena undang-undang “ingat dalam undang-undang kalo sudah diundangkan maka semua orang dianggap tahu, meski kita tidak pernah membaca undang undang tersebut”. Jawab kejaksaan tinggi jawa timur.

Narasumber mengajak dan mengharap agar mahasiswa tidak pernah merasa pesimis dengan memilih Prodi Hukum Pidana Islam, pasalnya di jaman saat ini lulusan hukum sangat dibutuhkan dikalangan masyarakat. Karna seluruh tempat membutuhkan pengetahuan tentang hukum. Harap bapak H. Hendro sasmito kepada mahasiswa HPI STAIS Bangkalan.

==========

Reporter : Harun Al Rasyid

Editor : Shoim Karim