Mobilisasi Gerakan Santri Sehat & Edukasi Pencegahan Tuberkulosisi

oleh
Foto Bersama Setelah Seminar Mobilisasi Gerakan Santri Sehat & Edukasi Pencegahan Tuberkulosisi

Syaichona.net-Untuk pertama kalinya, lembaga kesehatan Pengurus Besar Nahdlatu Ulama (LKPBNU) menggelar kegiatan Mobilisasi Gerakan Santri Sehat dan Edukasi Pencegahan Tuberkulosis dalam Mewujudkan Pesantren Sehat. Di Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan, Rabu (31/10).

Kegiatan Gerakan Santri Sehat Ini, di Selenggarakan oleh LKPBNU yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Mobilisasi Gerakan Santri Sehat ini hanya dilakukan di jawa barat dan jawa timur, dengan jumlah sekitar dua puluh pesantren yang mendapatkan kesempatan Mobilisasi gerakan santri sehat Nahdlatul Ulama.

Sedangkan, di Pulau Madura hanya Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan yang mendapatkan kesempatan ini.

Seperti yang diungkapkan oleh pengurus Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama, Ahmad Safi’i setelah acara selesai kepada reporter Syaichona.net, maksud dan tujuan mobilisasi gerakan santri sehat ini merupakan kampanye mempromosikan gerakan santri sehat.

”selain itu kita memberikan Edukasi terkait pencegahan Tuberkulosis yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis.  kita tahu pesantren ini banyak santrinya oleh karena itu sangat dimungkinkan bakteri-bakteri itu menyebar di lingkungan setempat. Ketika satu orang terkena oleh bakteri itu maka akan mudah untuk menyebar kepada lainnya”.ujarnya

Dalam kesempatan itu Ahmad Safi’i berharap agar para santri dapat mempraktekan prilaku hidup bersih dan sehat dengan cara aktifitas fisik, baik itu dengan senam pagi, cuci piring, cuci baju sekitar tiga puluh menit.

Kemudian yang kedua dengan cara makan sayuran dan buah-buahan karena hal itu mengandung serat dan vitamin yang dibutuhkan dalam tubuh. Dan yang ketiga selalu mengecek kesehatan rutin seperti tekanan darah, kolistrol, dan lainya.

Reporter: Harun Al Rasyid