Wisuda Akbar Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil

oleh

Syaichonacholil.net – jumat (04/05/18) malam. Menjadi malam yang penuh kebahagiaan dan kenangan bagi ribuan pasang mata dan ratusan wali santri yang menghadiri halaman  Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan untuk melihat anak-anaknya di wisuda.

Sebanyak 213 murid Akselerasi Tarbiyah al-Miftah Lil Ulum, 34 murid Tsanawiyah dan sebanyak 9 murid ATM (aliyah tarbiyatul muta’allimin) menyelesaikan proses belajarnya di tingkat masing-masing, ribuan pasang mata begitu juga dengan berpuluh-puluh lensa kamera menyoroti mereka di panggung kehormatan.

Pra wisuda al-Miftah peserta wisuda al-Miftah melakukan parade dengan membawa obor dan lampion yang bertuliskan al-Miftah Lil ulum (dalam bahasa arab) yang di start dari Pos satu (deket dhalem Ra Nasih) sampai Pos 2 (dekat dhalem RKH. Fakhrillah Schal) melewati jalan raya demangan.

Dalam wisuda akbar ini KH. Hannan Nawawi memberi sambutan mengatasnamakan majlis keluarga halaman  Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil. Beliau mengapresiasi terhadap kebolehan peserta wisuda al-Miftah dalam membaca kitab setelah di tes secara acak baik membaca kitab maupun ilmu nahwu, shorrof dan pemahamnnya.

“Inilah potret pemuda-pemuda indonesia yang insya allah akan membawa nama madura, nama indonesia harum di kancah internasional di masa yang akan datang” sanjungnya.

Sehingga, lanjut KH. Hannan Nawawi. nantinya cahaya islam akan muncul dari ufuk timur yaitu dari indonesia, dari jawa timur, dari madura, dari bangkalan yang akan menyinari indonesia dan bahkan akan menyinari dunia dengan keilmuan, amal dan akhlakul karimah.

[Dhoifur Rohman]